Mobile Menu

navigasi

More News

Takut Gaji Dipotong, Buruh Tetap Bekerja Walaupun Positif Covid-19

1:50 AM



Peluang.co.idKetua Federasi Serikat Buruh Persatuan Indonesia (FSBPI) Dian Septi Trisnanti mengungkap terdapat buruh yang tetap berkerja walaupun sedang terpapar Covid-19.


"Kalau mereka tidak masuk kerja, mereka khawatir tidak dapat upah. Dari situlah para buruh memaksakan diri untuk tetap bekerja meskipun positif Covid-19," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Senin (19/7).


Pihaknya mencatat dalam dua pekan terakhir, terdapat ribuan anggota serikat buruh terpapar Covid-19 di beberapa wilayah seperti Cakung, Tangerang, Subang, Sukabumi, dan Solo. 


"Data kami serikat pekerja atau serikat buruh sektor TGSL (tekstil, garmen, sepatu, dan kulit) menunjukkan hal itu,” tuturnya.


Ia pun menuntut pemerintah agar dapat memastikan adanya perlindungan hak kesehatan dan hak kerja bagi para buruh. 


Menurutnya, pabrik menjadi klaster Covid-19 karena adanya pelanggaran protokol kesehatan oleh pengusaha yang berlangsung terus tanpa sanksi. 


Ia meminta kepada pemerintah mengawasi pengusaha agar melaksanakan protokol kesehatan, menyediakan alat perlindungan diri yang memadai, dan pembayaran upah tanpa pemotongan dengan alasan apapun selama pandemi berlangsung. 


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : buruh kbbi, macam-macam buruh, gaji buruh


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment