Mobile Menu

navigasi

More News

Risma : Bansos Sudah Mulai Disalurkan Sejak Juli

8:45 PM


Peluang.co.idMenteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan bahwa penyaluran bantuan sosial (bansos) sudah mulai disalurkan sejak awal Juli 2021.


Bantuan yang diberikan meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), maupun Kartu Sembako atau Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT).


“Perlu kami sampaikan, bahwa untuk PKH, BST, dan BPNT itu sudah mulai disalurkan sejak awal bulan Juli,” ujar Risma dikutip dari Sekretariat Kabinet, Senin (19/7).


Ia mengungkap bansos masih belum disalurkan sepenuhnya karena terdapat kendala dalam penyaluran bantuan tersebut.


“Memang masih belum selesai, karena ada yang kemarin sempat ditahan. Ternyata lapor ke saya, ‘saya kok enggak terima’, ternyata pindah dia tanpa memberitahu Pak RT, sehingga kita juga sempat hentikan. Kita harus cek dulu dengan data kita kenapa mereka tidak terima,” jelasnya.


Selain itu, bantuan Kartu Sembako atau BPNT yang disalurkan juga belum mencapai target sasaran sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) karena adanya perubahan data yang ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).


Untuk penyaluran PKH dan Kartu Sembako disalurkan melalui himpunan bank milik negara (himbara), yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.


Adapun jumlah sasaran PKH adalah 10 juta KPM, Kartu Sembako 18,8 juta KPM, sedangkan BST adalah 10 juta KPM. Pemerintah juga memberikan bantuan beras sebesar 10 kilogram untuk penerima BST dan Kartu Sembako.


“Penyaluran beras nanti itu akan disalurkan oleh Bulog langsung ke penerima manfaat, sedangkan data itu dari kami, Kementerian Sosial,” tandasnya. 


( Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : cek bansos coviddaftar bansos onlinecek bansos 2021cek nama penerima bansos 2021


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment