Mobile Menu

navigasi

More News

Ekspor Jepang Melonjak Akibat Permintaan AS

11:00 PM



Peluang.co.idEkspor Jepang melonjak pada Juni didorong oleh permintaan AS untuk mobil dan pengiriman peralatan pembuat chip ke China. Hal ini mendukung harapan untuk pemulihan ekonomi negara tersebut. 


Dilansir dari Reuters pada Rabu (21/7), ekspor naik 48,6 persen pada Juni dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun pertumbuhan sebagian besar didorong oleh penurunan kasus COVID-19 tahun lalu. 


Dengan melemahnya belanja konsumen karena pembatasan baru virus corona di Tokyo, para pembuat kebijakan mengandalkan permintaan eksternal untuk mengatasi kelemahan tersebut.


Sebagai tanda yang menggembirakan, ekspor tumbuh 23,2 persen pada paruh pertama tahun ini, naik untuk pertama kalinya dalam lima periode dan melebihi tingkat pra-pandemi yang terlihat pada paruh pertama 2019. 


Ekspor tumbuh secara tahunan sebesar 48,6 persen mengalahkan peningkatan 46,2 persen yang diharapkan oleh para ekonom.


"Ekonomi China mungkin berhenti tetapi langkah-langkah stimulus sedang diambil. Dengan bantuan pemulihan di Eropa dan Amerika, diperkirakan akan meningkat lagi," kata Takeshi Minami, kepala ekonom di Norinchukin Research Institute. 


"Itu akan membantu ekspor Jepang tetap dalam tren naik, didukung oleh ekspor mobil serta barang modal dan barang-barang terkait informasi." imbuhnya.


Berdasarkan tujuan, ekspor ke China naik 27,7 persen di tahun ini hingga Juni, dipimpin oleh permintaan peralatan pembuatan chip, bahan mentah dan plastik.


Ekspor ke Amerika Serikat tumbuh 85,5 persen di bulan Juni, didorong oleh pengiriman mobil, suku cadang mobil, dan motor.


( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : data ekspor jepang, ekspor utama indonesia ke jepang adalah, barang impor jepang, data ekspor impor jepang


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment