Mobile Menu

navigasi

More News

Anggota DPR Ini Apresiasi Pengunduran Diri Ari Kuncoro dari Komisaris BUMN

1:37 AM




Peluang.co.idAnggota Komisi X DPR RI Himmatul Aliyah mengapresiasi pengunduran diri Rektor UI Ari Kuncoro dari jabatan Wakil Komisaris Utama (independen) BRI.


Ia mengatakan Ini merupakan langkah yang baik untuk menghindari konflik kepentingan di balik rangkap jabatan. Diharapkan masing-masing lembaga baik UI maupun BRI dapat lebih fokus menyelenggarakan pelayanan publik.


“Pengunduran diri ini tidak semata reaksi atas tuntutan masyarakat, tetapi juga komitmen terhadap penyelenggaraan pelayanan publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” jelasnya dilansir dari Parlementaria, Jumat (23/7).


Menurutnya langkah pengunduran diri Kuncoro menjadi penegasan sikap UI untuk kembali kepada misi utama pendidikan tinggi, yakni mencari, menemukan, menyebarluaskan, dan menjunjung tinggi kebenaran. 


“Langkah pengunduran diri ini menjadi momentum untuk membatalkan PP Nomor 75 Tahun 2021 tersebut, karena Statuta UI yang baru tidak sejalan dengan UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,” tuturnya.


Ia menambahkan adanya rangkap jabatan tersbeut dapat mengancam otonomi perguruan tinggu dalam mengelola sendiri lembaganya, baik bidang akademik maupun non-akademik.


"Statuta UI yang memungkinkan rektor UI merangkap jabatan sebagai komisaris BUMN, dapat mengancam otonomi UI dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi sekaligus menghambat UI dalam berperan sebagai kekuatan moral yang mensyaratkan kemandirian lembaga," tandasnya.


( Gambar : Parlementaria / Penulis : Fitri )



Tags : ari kuncoro bniari kuncoro komisaris bri, rektor ui 2021rektor ui 2020


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment