Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Teten Minta Koperasi Jadi Solusi Pembiayaan Usaha Mikro

Peluang.co.id -  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan koperasi harus mampu menjadi solusi pembiayaan bagi usaha mikro yang 99...


Peluang.co.idMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan koperasi harus mampu menjadi solusi pembiayaan bagi usaha mikro yang 99 persen mendominasi ekonomi Indonesia.


“Saat ini, kami juga tengah mendorong koperasi simpan pinjam (KSP) juga aktif membiayai sektor produktif, tak hanya perdagangan," jelasnya dikutip dari situs Kemenkop UKM, Rabu (2/6).


KSP diharapkan tidak sekedar membiayai sektor perdagangan tapi juga untuk sektor produktif seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan. Pada sektor tersebut perbankan tak mau masuk karena dinilai terlalu berisiko.


"Koperasi, diharapkan memperkuat ekonomi rakyat di sektor pangan produktif, dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah dan murah," ujarnya.


Kemenkop UKM juga mendorong digitalisasi koperasi sebab ekonomi digital Indonesia diyakini akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Potensi pada tahun 2025 ditaksir mencapai Rp 1.748 triliun.


Teten berharap, koperasi besar siap membantu dalam meningkatkan daya saing produk UMKM. Untuk itu, penting bagi koperasi untuk membangun factory sharing. UMKM yang tak banyak memiliki alat produksi modern bisa maklon, bergabung dengan koperasi besar.


Teten juga mendorong penguatan lembaga, dengan koperasi melakukan spin off. Menurutnya, koperasi harus masuk ke skala ekonomi yang lebih besar. ( Foto : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads