Mobile Menu

navigasi

More News

KKP Targetkan Penyaluran Dana Pelaku Usaha Perikanan Rp 1,2 Triliun

1:19 AM


Peluang.co.idDirektur Utama Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) KKP Syarif Syahrial mengungkapkan target penyaluran dana bergulir untuk pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan mencapai Rp 1,2 triliun hingga akhir tahun 2021.


Syarif mengatakan hingga akhir Mei 2021, LPMUKP telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 841,9 miliar.


"Mudah-mudahan Rp 1 triliunnya ini bisa dua bulan lagi. Sampai akhir tahun kita targetkan Rp 1,2 triliun," katanya dalam Bincang Bahari KKP, Selasa (22/6).


Kemudian terdapat sebanyak 21.215 orang jumlah pelaku usaha yang memanfaatkan fasilitas tersebut. Jumlah pinjaman rata-rata untuk setiap orangnya sebesar Rp 39,6 juta.


Lebih lanjut, Syarif menyebut pinaman usaha pada sektor perikanan dan kelautan memang lebih besar terutama di sektor usaha masyarakat pesisir.


"Seperti wisata bahari ini kan penyewaan kapal, mengantar wisatawan ke pulau-pulau kecil, pinjamannya memang besar," tuturnya.


Realisasi pinjaman terbesar disalurkan kepada sektor perikanan budidaya yaitu mencapai Rp 394,9 miliar, sektor penangkapan ikan Rp 248,6 miliar dan sektor pengolah dan pemasar hasil perikanan sebesar Rp 169,8 miliar.


Ia menuturkan adapun tambahan pinjaman baru senilai Rp 600 miliar. Syarif mengatakan pihaknya terus mendorong nelayan untuk memanfaatkan dana pinjaman dengan bijak.


"Kami suarakan, kalau tangkapannya lagi banyak, ditabung pendapatannya jaga-jaga kalau nanti musim susah. Jadi kemampuan membalikkan pinjaman itu sesuai dengan kemampuan nelayan menabung," tandasnya. ( Foto : Harian Nasional / Penulis : Fitri )


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment