Mobile Menu

navigasi

More News

KKP Dorong UMKM Jangkau Pasar Global Lewat Sertifikat GMP

1:23 AM


Peluang.co.idDirektorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) mengubah logo dan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) menjadi  Sertifikat Good Manufacturing Practice (GMP).


Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung produk Unit Pengolahan Ikan (UPI) atau UMKM perikanan menjangkau pasar global.


"Ditjen PDSPKP akan mengubah logo SKP menjadi logo GMP dan mengubah desain sertifikat elektroniknya. Jadi produk UPI bisa lebih marketable dan lebih dikenali secara global," kata Ditjen PDSPKP Artati Widiarti dilansir pada Jumat (18/6).


GMP atau PRP (Prerequisite Programme) ini dikenal sebagai tata cara atau pedoman cara memproduksi ikan guna meminimalisir kontaminasi.


Adapun penerapan SSOP, ditujukan sebagai prosedur operasi standar sanitasi yang digunakan untuk mengontrol kondisi kebersihan dan sanitasi di lingkungan unit penanganan dan pengolahan ikan.


"GMP dan SSOP akan memastikan produk perikanan diproses secara saniter, higienis, termonitor/ terpantau untuk memenuhi standar yang ditetapkan," terangnya.


Saat ini, Ditjen PDSPKP telah menerbitkan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) sebagai bentuk dari penerapan standar kelayakan pengolahan GMP dan SSOP.


"SKP yang sudah bertransformasi menjadi GMP ini  diberikan kepada setiap unit penanganan dan pengolahan ikan termasuk rumput laut yang telah memenuhi persyaratan," tandasnya. ( Foto : KKP / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment