Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Wamenkeu Sebut Aktivitas Ekonomi Indonesia Konsisten Meningkat

Peluang.co.id -  Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan bahwa saat ini Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda pem...


Peluang.co.idWakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menyampaikan bahwa saat ini Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan.


“Kita melihat ada aktivitas ekonomi yang meningkat, konsisten pelan-pelan, setahap demi setahap meningkat,” terang Suahasil dilansir dari laman Kementerian Keuangan, Jumat (28/5).


Adapun beberapa indikator yang telah menunjukkan perbaikan. Seperti mobilitas masyarakat, indeks kepercayaan konsumen, indeks penjualan ritel, serta PMI Manufaktur Indonesia.


“Ini semua adalah tanda-tanda dari yang namanya perbaikan ekonomi masyarakat, termasuk pertumbuhan konsumsi semen, impor bahan baku yang meningkat, impor bahan modal juga meningkat, dan kemudian penjualan kendaraan niaga,” imbuhnya.


Kegiatan ekonomi yang berangsur pulih, mobilitas terbuka perlahan-lahan, konsumsi dan investasi meningkat. APBN yang semula menjadi penopang perekonomian tidak lagi menjadi tumpuan utama pemulihan ekonomi.


“Pada saat diperlukan, APBN akan ambil alih. Tapi ketika konsumsi udah bisa positif, investasi kita harapkan positif, termasuk Undang-Undang Cipta Kerja dan yang lain, maka kemudian belanja negaranya disehatkan kembali,” jelas Wamenkeu.


Pemulihan ekonomi ini juga dipengaruhi oleh penanganan pandemi dan kesehatan masyarakat. Dan juga disiplin protokol kesehatan harus tetap dilakukan.


“Kalau kita tidak disiplin, nanti kasus Covid akan naik lagi, dan kemudian perekonomiannya akan under pressure lagi. Ini yang harus kita jaga," pungkasnya. ( Foto : Indonesia.org / Penulis : Fitri )


Reponsive Ads