Mobile Menu

navigasi

More News

Kementerian ESDM Pastikan Stok BBM dan LPG Aman Selama Libur Lebaran

12:00 AM


Peluang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H aman dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.


"Dari data real time yang ditunjukkan, pasokan BBM dan LPG aman," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji dalam siaran pers Kementerian ESDM pada Rabu (12/5).


Adapun ketahanan stok nasional untuk stok BBM yaitu Premium mencapai 27,9 hari, Pertamax 24,7 hari, serta Solar mencapai 21,3 hari. Sementara untuk ketahanan LPG mencapai 15 hari. Untuk minyak tanah yaitu 80,6 hari dan stok Avtur 76,3 hari.


Kondisi untuk stok dan penyaluran BBM sendiri selama Ramadhan dan libur Idul Fitri naik sebanyak 9,2 hari dibandingkan rata-rata normal. Diikuti penyaluran LPG yang juga naik 2,5 hari dan Avtur naik 1,4 hari dibandingkan kondisi normal.  


Pemerintah melalui PT Pertamina juga melakukan upaya untuk mencukupi energi masyarakat yaitu dengan meningkatkan stok dan volume penyaluran BBM dan LPG sebagai antisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat.


Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan kebutuhan pada gasoline sebanyak 8 persen, diesel 2 persen, LPG meningkat 5,4 persen. Sedangkan avtur turun 3,8 persen dari rata-rata normal. ( Sumber : Sekretariat Kabinet / Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment