Mobile Menu

navigasi

More News

Wapres Minta Penggunaan Dana Alokasi Khusus Akuntabel Selama Pandemi

10:30 PM


Peluang.co.id - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tepat sasaran maka pengunaan dana tersebut harus tetap memperhatikan akuntabilitas.


Hal ini ia sampaikan ketika memimpin Rapat Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) secara virtual pada Selasa 11 Mei 2021.


"Berkenaan dengan antisipasi permasalahan pelaksanaan kegiatan DAK Fisik yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, kita perlu tetap berpegang pada ketentuan hukum. Disamping itu pelaksanaannya benar-benar harus memperhatikan aspek akuntabilitas atas setiap penggunaan anggaran," jelasnya dilansir dari Sekretariat Kabinet, Rabu (12/5).


Wapres menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan, Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dan Kementerian Dalam Negeri dan lembaga pembina DAK harus dapat merencanakan langkah strategis misalnya mempelajari evaluasi pelaksanaan DAK pada tahun sebelumnya.


"Antisipasi permasalahan pelaksanaan kegiatan DAK Fisik pada masa pandemi Covid-19. Kemudian juga perlunya dipersiapkan strategi penggunaan anggaran secara maksimal, terutama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional," terangnya.


Ia juga menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam monitoring dan evaluasi. Hal ini dikarenakan dapat mempermudah sinkronisasi data sehingga lembaga pembina DAK dapat meminimalisir ketidaksesuaian data.


"Perlu juga diperhatikan optimalisasi pemanfaatan sistem dan teknologi informasi yang dapat digunakan bagi kepentingan bersama," imbuhnya. ( Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment