Mobile Menu

navigasi

More News

Uang Beredar Pada Maret 2021 Mencapai Rp 6 T

11:59 PM


Peluang.co.id - Bank Indonesia mengungkapkan bahwa likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) Maret 2021menunjukkan pertumbuhan positif. Posisi uang beredar pada bulan Maret yaitu Rp 6.888 triliun.

Jumlah ini tumbuh sebesar 6,9 persen (yoy) dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun pertumbuhan pada Maret 2021 masih lebih rendah dibandingkan pada bulan sebelumnya yaitu 11,3 persen (yoy).

Dilansir dari laman resmi Bank Indonesia pada Jumat (23/4), perlambatan tersebut terjadi pada seluruh komponen yaitu uang beredar sempit (M1), uang kuasi, dan surat berharga selain saham.

Sementara pertumbuhan uang beredar sempit pada Maret 2021 sebesar 10,8 persen (yoy). Pertumbuhan ini lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 18,6 persen (yoy).

Pertumbuhan uang kuasi mengalami perlambatan. Pada bulan Februari sebesar 9,2 persen (yoy) menjadi 5,9 persen (yoy) pada Maret 2021.

Perlambatan uang beredar pada bulan Maret disebabkan oleh beberapa hal. Seperti realisasi tahun sebelumnya (base effect) yang pertumbuhannya mencapai 12,1 persen.

Perlambatan uang beredar juga dipengaruhi oleh perlambatan aktiva luar negeri bersih, perlambatan tagihan bersih kepada Pemerintah Pusat serta penurunan kredit. ( Sumber Foto : / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment