Mobile Menu

navigasi

More News

APBN Masih Bekerja Keras Dorong Pemulihan Ekonomi Indonesia

12:01 AM


Peluang.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan APBN masih terus bekerja keras dalam mendorong pemulihan ekonomi. 

Tren pemulihan ekonomi tersebut tidak lepas dari dukungan perekonomian global dan mitra dagang, akselesari program vaksinasi, penerapan protokol kesehatan serta peningkatan keyakinan masyarakat dan aktivitas produksi.

Sri Mulyani mengungkapkan program PEN 2021 telah terlaksana Rp 134,07 triliun atau 19,2 persen dari pagu.

"Realisasi ini mulai dari pengadaan vaksin hingga berbagai inisiatif yang dilakukan oleh K/L untuk mengembalikan perekonomian," tulis Sri Mulyani dalam akun instagram pribadinya @smindrawati, Jumat (23/4).

Ia juga menjelaskan untuk realisasi belanja negara sebesar Rp 523 triliun. Jumlah ini naik sebanyak 15,6 persen (yoy). Sedangkan untuk belanja pemerintah pusat sebesar Rp 350,1 triliun atau naik sebesar 26 persen (yoy).

"Dimana belanja pemerintah pusat mencapai Rp 350,1 triliun,naik 26 persen (yoy). Realisasi belanja modal, belanja barang, dan belanja sosial semua meningkat demi mendorong pemulihan ekonomi," ungkap Sri Mulyani.

Sedangkan untuk realisasi penerima pajak mencapai Rp 228,1 triliun dan untuk PNBP dan hibah mencapai Rp 88,4 triliun.

Pemerintah akan terus memperhatikan upaya mendorong akselerasi kinerja dan produktivitas ekonomi. Dukungan APBN akan terus dijaga guna memastikan kebijakan stimulus dan insentif fiskal bisa berjlan tepat sasaran. ( Sumber Foto : Finansialku / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment