Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Sri Mulyani Sebut Perekonomian Maret 2021 Tunjukkan Tren Positif

Peluang.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kinerja perekonomian pada Maret 2021 terus melanjutkan tren positif. Hal ini ia...


Peluang.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan kinerja perekonomian pada Maret 2021 terus melanjutkan tren positif. Hal ini ia uangkapkan dalam konferensi pers virtual APBN Kita pada Kamis, 22 April 2021.

Tren positif ini disebabkan oleh kinerja positif berbagai sektor seperti Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur yang meningkat, ekspor dan impor yang membaik dan meningkatnya Indeks Keyakinan Konsumen (IKK).

"Indeks Keyakinan Konsumen terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari 85,8 pada bulan Februari menjadi 93,4 pada bulan Maret 2021," kata Sri Mulyani dilansir pada Jumat (23/4).

PMI Manufaktur Indonesia juga terus berada di zona ekspansif dalam lima bulan terakhir. Pada bulan Maret, PMI tercatat sebesar 5,32. Ini merupakan rekor tertinggi sejak April 2011.

"Di bulan Maret ini, leading indicators menunjukkan perbaikan dan terlihat dalam hal ini semuanya adalah berwarna hijau," tambah Sri Mulyani.

Leading indicators merupakan indikator awal dari degup ekonomi Indonesia yang apabila berada dalam zona hijau berarti menggambarkan kegiatan yang positif.

Sri Mulyani juga menuturkan investasi diperkirakan menunjukkan perbaikan dengan adanya indikator konsumsi semen yang tumbuh positif sebanyak 11,4 persen (yoy) diikuti indikator barang modal yang menunjukkan tren positif. 

Kinerja ekspor pada bulan Maret juga menunjukkan peningkatan sebesar 30,2 persen (yoy), dan untuk impor tumbuh sebesar 26,40 persen (yoy).

"Ini menggambarkan bahwa momentum kita pulih dari base effect tahun lalu menunjukkan suatu peran yang sangat meyakinkan," pungkas Sri Mulyani. ( Sumber Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri ) 

Reponsive Ads