Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Teknologi Terkini

latest

Kerjasama

www.uhamka.ac.id/reg

Risiko Usah Yang Perlu Kamu Waspadai

Peluang.co.id -   Risiko usaha adalah keadaan dimana tidak sesuainya antara rencana dan hasil dari suatuusaha yang akhirnya membuat suatu u...


Peluang.co.id - Risiko usaha adalah keadaan dimana tidak sesuainya antara rencana dan hasil dari suatuusaha yang akhirnya membuat suatu usaha mengalami kerugian baik secara finansial maupun reputasi usaha tersebut.

Seorang penguaha harus siap dengan segala risiko usaha yang akan dihadapi. Pengusaha juga harus bisa meminimalisir risiko yang ada agar bisnisnya bisa tetap berjalan dengan lancar. Berikut ini risiko usaha yang perlu diwaspadai :

1. Kerugian

Dalam menjalani suatu usaha kita bisa mengalami kerugian. Kerugian yang dialami baik secara finansial maupun reputasi perusahaan. Kerugian adalah hal yang paling ditakutkan dan dihindari oleh semua pengusaha. 

Skala kerugian pun beragam, mulai dari kerugian skala terkecil hingga kerugian skala terbesar yang akan sangat berpengaruh terhadap usaha yang dijalani. Apabila kerugian yang ada tidak bisa dikendalikan maka kemungkinan usaha yang dijalani akan gulung tikar.

2. Persaingan yang Sengit

Semakin hari semakin sengit persaingan bisnis yang ada di tengah pasar. Saat ini para pengusaha berlomba-lomba untuk mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya baik dengan cara yang sehat ataupun tidak sehat. Maka sebagai seorang pegusaha kita harus bisa memberikan yang terbaik kepada para konsumen baik dari segi pelayanan maupun produk yang dijual.

3. Pasar yang Tidak Stabil

Kondisi pasar saat ini masih tidak bisa diprediksi. Hal ini disebabkan oleh kondisi ekonomi nasional yang masih tidak stabil. Kondisi ekonomi global yang juga mengalami tekanan akhir-akhir ini juga memicu pasar tidak stabil. Saat harga bahan baku naik, maka kita tidak bisa menaikkan harga produk usaha kita juga. 

Konsumen tidak akan mendekat kepada kita. Apabila kita tetap mempertahankan harga yang ada maka kita yang akan mengalami kerugian. Maka hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari kerugian yaitu mengurangi kuota produksi.

4. Terus Bekerja Keras dan Jangan Menyerah

Agar usaha yang dijalani bisa sukses maka dibutuhkan sikap ulet dan pantang menyerah. Apabilan kita menjalankan usaha dengan setengah hati maka usaha kita bisa jadi tidak lancar. Pengusaha harus tekun dan berpikir cerdas agar usaha yang dijalani bisa sukses. ( Sumber : Duwitmu.com / Sumber Foto : Billionaire Coach / Penulis : Fitri )


www.uhamka.ac.id/reg