Mobile Menu

navigasi

More News

Pemerintah Akan Bangun Bendungan Budong-Budong di Sulbar

11:23 PM


Peluang.co.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memulai pembangunan Bendungan Budong-Budong  di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan pembangunan infrastruktur menjadi fokus pemerintah untuk mengejar pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatkan daya saing dan pemerataan pembangunan.

"Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," kata Basuki dilansir dari laman Kementerian PUPR, Sabtu (17/4).

Rencana bendungan ni akan dibangun dengan kapasitas tampungan 65,18 juta meter kubik. Dan dengan peningkatan Daerah Irigasi (DI) seluas 3.577 hektare. 

Bendungan ini juga berpotensi mempunyai manfaat air baku sebanyak 400 liter per detik. Pembangunan bendungan ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,02 triliun.

"Saat ini masih penyelesaian pembebasan lahan untuk mendukung kelancaran konstruksi fisik," jelas Basuki mengenai perkembangan pembangunan bendungan yang ditargetkan selesai pada Desember 2023 mendatang.

Bendungan Budong-Budong akan dibangun dengan membendung Sungai Salulebbo yang juga anak Sungai Budong-Budong.  ( Sumber Foto : Kementerian PUPR / Penulis : Fitri )

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment