Mobile Menu

navigasi

More News

Mendag Pastikan Stok Bahan Pokok Cukup Untuk Ramadhan 2021

8:30 PM


Peluang.co.id - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa dalam menghadapi bulan Ramadhan 2021 pasokan bahan pokok cukup dan harga bahan pokok juga stabil di 34 provinsi di Indonesia .

"34 provinsi sudah melaporkan bahwa bahan pokok tersedia dan harganya stabil, khususnya beras, gula, cabai, minyak goreng, dan daging sapi," ujar Lutfi dalam keterangan tertulis, dikutip pada Selasa (13/4).

Lutfi mengatakan bahwa beberapa komoditas seperti beras, gula, dan daging sapi perlu adanya penambahan pasokan untuk mengantisipasi cadangan stok, iklim ekstrem, kenaikan harga internasional, dan persediaan sebelum musim giling.

Disisi lain, komoditas cabai khususnya cabai rawit merah terus mengalami penurunan harga. Hal ini dikarenakan adanya penurunan harga di tingkat petani akibat meningkatnya produksi di daerah.

Lutfi mengaku pihaknya juga akan terus mengawasi dan memantau ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harga bahan pokok di pasar.

"Kementerian Perdaangan dan dinas provinsi akan terus memantau program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) beras premium oleh Perum Bulog. Sementara itu untuk daging sapi kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk segera memobilisasi sapi daerah sentra produksi ke daerah sentra konsumsi, seperti wilayah Jabodetabek dan Aceh," jelas Lutfi.

Sedangkan untuk komoditas gula, Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RJI) untuk pendistribusian gula dan membahas harga jual gula dari PT RJI sebesar Rp 10.000 per kilogram sehingga harga di konsumen Rp 12.500 per kilogram. ( Sumber Foto : Kementerian Perdagangan / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment