Mobile Menu

navigasi

More News

Lima Faktor Pengaruh Ekonomi Kreatif di Indonesia

1:23 AM


Peluang.co.id - Ekonomi kreatif merupakan ekonomi yang mengusung konsep kreativitas dengan mengandalkan ide dan sumber daya manusia yang menjadi faktor produksi utama. Indonesia saat ini sudah jauh berkembang pesat. Perkembangan ekonomi kreatif Indonesia menjadi suatu hal yang menjanjikan. Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi ekonomi kreatif di Indonesia :

1. Tenaga Kerja yang Dimiliki

Salah satu faktor yang mempengaruhi berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia adalah tenaga kerja yang dimiliki. Sumber daya manusia sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. Sumber daya manusia menjadi hal utama bagi sebuah negara untuk memajukan ekonomi kreatif.

2. Teknologi yang Dimiliki

Kemajuan teknologi menjadi faktor pendukung untuk berkembangnya ekonomi kreatif. Semakin maju teknologi di negara tersebut maka akan semakin ekonomi kreatif akan berkembang pesat. Sebaliknya, apabila teknologi di suatu negara kurang memadai makan perkembangan ekonomi kreatif akan terhambat.

3. Mudahnya Akses Komunikasi

Komunikasi juga berperang besar untuk perkembangan ekonomi kreatif. Dengan menjalin komunikasi yang baik, para pekerja kreatif bisa lebih mudah memperkenalkan karya yang dimiliki. Ini akan membuat mereka mendapat respons dari publik.

4. Media Sosial

Saat ini masyarakat tidak bisa lepas dari media sosial. Media sosial mempermudah banyak orang untuk berinteraksi satu sama lain tanpa memandang jarak dan waktu. Dengan memanfaatkan media sosial dengan optimal maka perkembangan ekonomi kreatif akan semakin cepat.

5. Kreativitas yang Dimiliki

Kreativitas menjadi kunci utama dalam ekonomi kreatif. Dengan ide kreatif yang dimiliki bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. Ditengah persaingan industri yang ketat, ide dengan kreativitas tinggi bisa membantu mempermudah persaingan yang ada. ( Sumber : Lampung.co / Sumber Foto : Republika / Penulis : Fitri )



Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment