Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Teknologi Terkini

latest

Kerjasama

www.uhamka.ac.id/reg

Lima Cara Memperoleh Modal Usaha

Peluang.co.id - Saat memulai usaha ada banyak hal yang harus disiapkan. Selain memikirkan ide bisnis dan merancang rencana usaha tentunya ...


Peluang.co.id - Saat memulai usaha ada banyak hal yang harus disiapkan. Selain memikirkan ide bisnis dan merancang rencana usaha tentunya kita juga perlu memikirkan cara untuk memperoleh modal usaha. Apabila kita tidak memiliki modal maka kita tidak bisa menjalankan usaha yang dirintis. Lalu dari mana modal tersebut agar bisa kita miliki. Berikut ini beberapa cara memperoleh modal bisnis :

1. Tabungan Pribadi

Tabungan pribadi bisa menjadi pilihan untuk memperoleh modal usaha. Biasanya orang akan menabung untuk kebutuhan di masa depan. Tidak ada salahnya menggunakan sedikit tabungan tersebut untuk modal usaha yang akan dijalani. Pastikan juga tabungan tersebut masih cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Pinjam Teman atau Keluarga

Apabila tabungan tidak mencukupi modal usaha, kamu bisa mencari pinjaman kepada teman atau keluarga terdekat. Namun kamu harus bisa memastikan kapan akan mengembalikan uang tersebut. Jangan sampai hubungan kamu dan teman atau keluarga renggang akibat keterlambatan kamu dalam pengembalian dana pinjaman tersebut.

3. Menjual Aset

Apabila kamu memiliki aset yang berharga seperti perhiasan atau kendaraan dan tidak terpakai kamu bisa menjual aset tersebut untuk dijadikan sebagai modal usaha. Kamu harus pintar dalam mengelola uang hasil menjual aset tersebut. Jangan sampai uang tersebut berujung sia-sia dan malah menyebabkan usaha menjadi rugi.

4. Menggadaikan Aset

Jika kamu berat hati menjual aset berharga, menggadaikan aset bisa menjadi pilihan agar kamu bisa memperoleh modal usaha. Namun uang hasil gadai tentu lebih sedikit dibandingkan langsung menjual aset. Pastikan kamu bisa memperkirakan keuangan ke depannya.

5. Mencari Rekan Bisnis

Mencari rekan bisnis bisa menghemat pengeluaran modal usaha. Memulai usaha dengan rekan bisnis maka modal usaha berasal dari kamu dan rekan bisnis. Disamping menyumbang modal, dengan adanya rekan bisnis maka ide dan kreativitas untuk usaha akan lebih beragam. ( Sumber : Glints.com / Sumber Foto : Bola.com / Penulis : Fitri )



www.uhamka.ac.id/reg