Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Teknologi Terkini

latest

Kerjasama

www.uhamka.ac.id/reg

BPJS Ketenagakerjaan Ungkap Tantangan Jalankan Program JKP

Peluang.co.id - Direktur Utama BPJamsostek Anggoro Eko Cahyo mengungkapkan dua tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan program Jamin...


Peluang.co.id - Direktur Utama BPJamsostek Anggoro Eko Cahyo mengungkapkan dua tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan program Jaminan Kehilangan Pekerja (JKP). Program ini diperuntukan bagi karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Tantangan pertama yaitu dari sisi coverage kepesertaan. Saat ini sudah ada 48,64 juta peserta. Peserta yang sudah masuk coverage sebanyak 54 persen.

"Kepesertaan BPU baru 8,42 persen. Sehingga ke depan kami melihat bagaimana kita bisa mempermudah BPU untuk bisa mengakses atau mendaftar," tambah Anggoro dalam rapat bersama DPR pada Hari ini (7/4).

Selanjutnya untuk tantangan kedua adalah kecepatan dan kualitas layanan. Anggoro mengatakan bahwa proses klaim memerlukan waktu sekitar 5-10 hari.

"Tantangan kedua, kecepatan dan kapasitas layanan. Proses klaim rata-rata 5-10 hari," ucap Anggoro.

Adapun kapasitas layanan saat ini sebesar 2,5 juta pertahun. Potensi klaim diprediksi masih akan meningkat. Hal ini disebabkan terjadinya perluasan program, beasiswa, JP secara berkala. Disamping itu adanya penambahan program JKP dan potensi klaim JHT masih tinggi. ( Sumber : Youtube DPR RI / Sumber Foto : Tirto.id / Penulis : Fitri )

 

www.uhamka.ac.id/reg