Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

KEK Kendal Diharapkan Dapat Tingkatkan IPM

Peluang.co.id - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal diharapkan bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Kendal dan J...


Peluang.co.id - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal diharapkan bisa meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Kendal dan Jawa Tengah. 

KEK Kendal ini diharapkan dapat meningkatkan serapan terhadap tenaga kerja, menurunnya tingkat pengangguran, pendidikan lebih baik, danlapangan kerja terbuka seluas-luasnya.

"Ini akan memberikan multiplier effect yang signifikan terhadap perekonomian, bukan hanya di Kendal tapi juga Jawa Tengah," kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto dilansir dari situs Kemenko Perekonomian, Rabu (28/4).

Pengembangan KEK bertujuan untuk meningkatkan investasi, ekspor, substitusi impor, menciptakan lapangan pekerjaan, membuat model terobosan pengembangan kawasan melalui pengembangan industri dan jasa KEK menyasar industri berdaya saing global, jasa pariwisata bertaraf internasional, jasa pendidikan dan kesehatan, serta ekonomi digital.

Kelebihan KEK terdapat pada fasilitas fiskal dan non fiskal, baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Kemudian diberikan pula berbagai kemudahan untuk mendapatkan fasilitas tersebut. 

Kelebihan ini diharapkan akan menjadikan KEK Kendal menjadi kawasan industri yang berbeda dan dapat menjadi tempat investasi.

Investasi yang telah masuk untuk KEK Kendal pada tahun kedua ini mencapai Rp 19,3 triliun. Investasiini berasal dari berbagai negara seperti Taiwan, Jepang, China, Korea Selatan, dan lainnya.

KEK Kendal diproyeksikan bisa menarik investasi sebesar Rp 72 triliun dan tenaga kerja sebanyak 20.000 orang hingga 2025 mendatang. ( Sumber Foto : kek.go.id / Penulis : Fitri )

Reponsive Ads