Mobile Menu

navigasi

More News

Dubes RI Untuk RRT Sebut Tiongkok Mitra Dagang Terbesar Bagi Indonesia

1:24 AM


Peluang.co.id - Duta Besar (Dubes) RI untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Djauhari Oratmangun sebut Tiongkok merupakan mitradagang Indonesia yang terbesar saat ini. Karena realisasi investasi Tiongkok di Indonesia tahun 2020 mencapai 4,8 miliar dolar AS.

Hal ini ia ungkapkan dalam Webinar Dinamika Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok yang diselenggarakan pada Sabtu (17/4).

"Di bidang investasi pada tahun 2020 realisasi investasi Tiongkok di Indonesia sudah mencapai 4,8 miliar dolar AS sementara Hongkong berada di posisi keempat dengan jumlah 3,5 miliar dolar AS. Apabila Tiongkok ditambahkan dengan Hongkong maka itu jumlah yang sangat signifikan," jelas Djauhari.

Ia juga membahas ekonomi dan pembangunan. Pada tahun 2020, pertumbuhan volume ekspor anatar Indonesia dan Tiongkok telah mencapai 78,9 dolar AS.

Djauhari juga menjelaskan mengenai potensi ekonomi digital yang dimiliki oleh Indonesia dan Tiongkok.

"Kontribusi digital economy di Tiongkok terhadap GDP (Produk Domestik Bruto) sudah 32 persen, sementara di Indonesia sekitar 3 persen," ujar Djauhari.

Ia juga memprediksi bahwa Indonesia akan menjadi leader di sektor ekonomi digital pada tahun 2025 mendatang.

"Indonesia diprediksi akan menjadi leader di sektor digital economy di tahun 2025 dengan nilai 130-150 miliar dolar AS," imbuhnya. ( Sumber : Sekretariat Kabinet / Sumber Foto : Rakyat Merdeka / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment