Mobile Menu

navigasi

More News

Kemensos Cairkan Bansos PKH Rp 6,53 triliun

9:46 PM


Peluang.co.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bantuan sosial (bansos) tunai Program Keluarga Harapan (PKH) siap disalurkan bertepatan dengan dimulainya Ramadhan 1442 H. Bantuan tersebut sebesar Rp 6,53 triliun.

"Pencairan bantuan ini untuk tahap II, kebetulan bulan April, jadi bertepatan dengan awal puasa," kata Risma dalam keterangan resminya dikutip pada Senin (19/4).

Bansos tersebut akan disalurkan untuk 9.074.584 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan diberikannya bantuan PKH, Risma berharap dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga di bulan Ramadhan lantaran pengeluaran di bulan ini biasanya akan meningkat.

"Bulan puasa pengeluaran akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan sahur, maupun berbuka puasa, untuk beli takjil atau beli makanan tambahan lainnya," ujar Risma.

Selain itu pencairan bansos PKH juga diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Ia berpendapat bahwa semakin banyak uang beredar maka semakin tinggi daya beli masyarakat.

Berdasarkan data dari Direktorat  Jaminan Sosial Keluarga (JSK) Kementerian Sosial, total anggaran dana bansos PKH tahun 2021 sebesar Rp 28,71 triliun. 

Dimana bansos tersebut disalurkan dalam dua tahap. Pada Januari 2021 telah disalurkan sebesar Rp 6,82 triliun dan pada bula April 2021 Rp 6,53 triliun. ( Sumber : Kementerian Sosial / Sumber Foto : Kementerian Sosial / Penulis : Fitri )

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment