Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Teknologi Terkini

latest

Kerjasama

www.uhamka.ac.id/reg

Airlangga Ungkap Pembiayaan UMKM Akan Ditingkatkan Hingga 30 Persen

Peluang.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa presiden meminta pembiayaan UMKM untuk ditin...


Peluang.co.id -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa presiden meminta pembiayaan UMKM untuk ditingkatkan hingga 30 persen di tahun 2024 mendatang. Hal ini ia ungkapkan pada keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas pada Senin (5/4) kemarin.

"Bapak Presiden memberikan arahan bahwa kredit UMKM ini ditargetkan di tahun 2024 adalah lebih dari 30 persen. Jadi rata-rata 20 persen diangkat menjadi lebih dari 30 persen," ucap Airlangga dikutip dari Sekretariat Kabinet pada hari ini (6/4).

Saat ini pembiayaan untuk sektor tersebut berada pada 18-20 persen dari total kredit. Airlangga juga mengatakan bahwa realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun lalu mencapai Rp 198,53 triliun atau lebih dari 104 persen dari yang ditargetkan.

Jokowi juga meminta agar kredit untuk UMKM yang sebelumnya Rp 500 juta - 10 miliar ditingkatkan hingga Rp 20 miliar. 

Presiden juga menginginkan agar suku bunga dijaga agar tetap kompetitif, yang dapat dilakukan melalui program penjaminan melalui Askrindo dan Jamkrindo yang diperbesar ataupun dengan memberikan subsidi bunga KUR reguler di luar program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Apabila ini kita lakukan, itu ada anggaran-anggaran tambahan yang diperlukan yang sekarang dialokasikan, seperti misalnya KUR untuk 3 persen sampai 6 bulan, dan kredit UMKM dengan subsidi juga selama sampai bulan Juni, itu dana yang dipersiapkan sekitar Rp 7 triliun. Sehingga tentu ada penambahan perubahan-perubahan, penambahan yang perlu nanti dibahas lagi secara internal," pungkasnya. ( Sumber Foto : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



www.uhamka.ac.id/reg