Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Cabai Rawit Jadi Penyebab Inflasi Maret 2021

Peluang.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada bulan Maret 2021 telah terjadi inflasi sebesar 0,08%. Inflasi pada bulan Maret di...


Peluang.co.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada bulan Maret 2021 telah terjadi inflasi sebesar 0,08%. Inflasi pada bulan Maret disebabkan oleh naiknya harga bahan pangan utama. Untuk bahan makanan, cabai rawit menyumbang inflasi tertinggi diikuti bawang merah dan daging ayam.

"Kalau kita lihat komoditasnya inflasi Maret ini yang memberikan inflasi adalah cabai rawit dengan andil 0,04%, dan bawang merah 0,02%, daging ayam ras, bawang putih,ikan segar, dan asistem rumah tangga memberikan andil inflasi 0,01%" jelas Setianto dilansir dari Detik pada Hari ini (1/4).

Inflasi yang terjadi pada bulan Maret juga disebabkan oleh rokok. Inflasi menurut pengeluaran diakibat oleh makanan, minuman, dan tembakau dengan andil sebanyak 0,1%. 

Setianto mengatakan untuk inflasi tahun kalender 2021 sebesar 0,44% dan inflasi tahun ke tahun sebanyak 1,37%. Disisi lain, komoditas penyumbang deflasi yaitu harga mobil hingga harga emas. 

"Kemudian kalau kita ;ihat komoditas yang andil deflasi yang kami catat di sini terkait dengan mobil minus 0,03% dan emas perhiasan," ucapnya. ( Sumber : Detik Finance / Sumber Foto : Jpnn / Penulis : Fitri )

Reponsive Ads