Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Teten Ajak Sekretaris K/L Berdayakan Koperasi, UMKM dan Wirausaha Produktif

Teten Ajak Sekretaris K/L Berdayakan Koperasi, UMKM dan Wirausaha Produktif  Peluang.co.id -  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menga...

Teten Ajak Sekretaris K/L Berdayakan Koperasi, UMKM dan Wirausaha Produktif 


Peluang.co.idMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak seluruh Sekretaris Kementerian, Sekretaris Jenderal, dan Sekretaris Utama K/L untuk bersinergi memberdayakan Koperasi, UMKM dan wirausaha produktif di tanah air. 


"Sinergi yang telah terjalin ini akan terus berlanjut,  dan dapat memberikan semakin banyak manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya dilansir dari Kemenkop UKM, Sabtu (4/12/21). 


Adapun 4 strategi transformasi KemenkopUKM yang siap menjawab tantangan tersebut, yakni dengan mendorong UMKM agar menjadi usaha formal, UKM masuk ke dalam rantai pasok, pertumbuhan wirausaha produktif, dan modernisasi koperasi.


Strategi tersebut membutuhkan dukungan serta kolaborasi dengan lintas kementerian dan lembaga. Seperti transformasi usaha mikro dari informal ke formal, fasilitasi akses pembiayaan melalui lembaga keuangan formal, hingga fasilitasi sertifikasi dan standarisasi. 


Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim menambahkan, saat ini pengembangan Koperasi dan UMKM tersebar di 28 K/L, sehingga perlu adanya sinergi agar tidak terjadi tumpang tindih. 


Arif menjelaskan, untuk mendukung UMKM naik kelas, pihaknya telah memfasilitasi biaya pengurusan sertifikasi dan izin edar dari BPOM dengan alokasi terbatas, yakni Sertifikasi Halal sebanyak 50 usaha mikro, Izin Edar MD sebanyak 20 usaha mikro, dan Fasilitasi Penyuluhan keamanan pangan sebanyak 250 usaha mikro. 


“Dengan alokasi anggaran yang terbatas di tahun 2022 diharapkan bisa bersinergi dengan berbagai K/L lainnya, yang memiliki program serupa, dalam rangka mengakselerasi sertifikasi dan izin edar produk bagi pelaku UMKM,” katanya. 



( Gambar : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )



Tags : daftar ukm di indonesiaumkm adalahe-form kemenkop ukmdaftar online umkm


ADS