Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Sri Mulyani Ungkap Defisit APBN November 2021 Turun Drastis

Sri Mulyani Ungkap Defisit APBN November 2021 Turun Drastis  Peluang.co.id -  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapka...

Sri Mulyani Ungkap Defisit APBN November 2021 Turun Drastis 


Peluang.co.idMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sampai dengan akhir November 2021 sebesar Rp611 triliun atau 3,63% Produk Domestik Bruto (PDB) atau 60,7% dari pagu APBN 2021. 


Realisasi defisit 2021 diperkirakan lebih rendah dibandingkan target APBN yaitu 5,7% yakni di sekitar 5% sampai dengan 5,2% PDB.


“Defisit APBN mengalami penurunan yang sangat drastis,” ungkap Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Pers APBN Kita dikutip Rabu (22/12/21).


Turunnya defisit seiring dengan komitmen pemerintah menuju konsolidasi fiskal di 2023. Kebutuhan pembiayaan anggaran menurun tajam sejalan dengan membaiknya penerimaan APBN serta optimalisasi pemanfaatan SAL.


“Tahun 2021 kita sudah melihat cerita pemulihan ekonomi,” ungkap Sri Mulyani.


Pemerintah akan terus menjaga perbaikan kesehatan APBN sehingga APBN akan menjadi instrumen yang tetap bisa diandalkan dalam situasi apapun. 


Lebih lanjut, Sri Mulyani memastikan bahwa pembiayaan APBN dikelola secara hati-hati dan terukur untuk menjaga kesinambungan fiskal.



( Gambar : Kementerian Keuangan / Penulis : Fitri )



Tags : defisit apbn adalah, apbn surplus adalahdefisit adalah



Reponsive Ads