Mobile Menu

navigasi

More News

Pertama Dalam Sejarah, PNBP KKP Capai Rp 920 Miliar

1:22 AM

Pertama Dalam Sejarah, PNBP KKP Capai Rp 920 Miliar


Peluang.co.idKementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil mencetak rekor nilai penerimaan negara bukan pajak (PNBP) tertinggi sepanjang sejarah. Berdasarkan data hingga 21 Desember 2021, total PNBP yang diterima KKP mencapai Rp920 miliar.


Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa peningkatan ini seiring perbaikan tata kelola sektor kelautan dan perikanan, khususnya di bidang perikanan tangkap dan pengelolaan ruang laut.


Demikian yang disampaikan oleh Trenggono dalam program talkshow Bincang Bahari Edisi Spesial bertajuk "Catatan Akhir Tahun 2021 dan Program Ekonomi Biru 2022", Rabu (22/12/2021).


"Ini adalah satu pencapaian walaupun apa yang kita lakukan di 2021 belum maksimal. Tetapi saya bangga kita telah melakukan banyak hal. Khususnya kita sudah punya langkah-langkah strategis, dan bisa membuktikan tagline KKP Rebound," ujar Trenggono dikutip dari website resmi KKP.


Jumlah PNBP ini masih akan bertambah bahkan melebihi Rp1 triliun karena masih ada potensi tagihan di bidang perikanan tangkap, serta tagihan atas pemanfaatan ruang laut untuk kegiatan eksplorasi minyak dan gas (migas) yang jumlahnya masing-masing lebih dari Rp35 miliar dan Rp350 miliar.


"Ini akan kita tagih (migas), karena tujuan dari penarikan ini juga salah satunya untuk melakukan mitigasi dari aktivitas eksplorasi yang dilakukan," imbuhnya.


Trenggono memastikan PNBP yang didapat akan digunakan sepenuhnya untuk percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Mulai dari perbaikan sarana dan prasarana di pelabuhan, program bantuan kepada masyarakat, dan program lainnya.



( Gambar : KKP / Penulis : Fitri )



Tags : pp 85 2021demo nelayan muara barusektor perikanan budidayakkp


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment