Mobile Menu

navigasi

More News

Menperin: Sektor Industri Masih Jadi Penopang Ekonomi Tahun 2021

9:30 PM

Menperin: Sektor Industri Masih Jadi Penopang Ekonomi Tahun 2021


Peluang.co.idMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, pada tahun ini geliat sektor industri manufaktur mulai bangkit kembali.  Hal terlihat dari sejumlah kinerja gemilangnya mulai dari realisasi investasi, capaian ekspor, kontribusi pajak, hingga kontribusi terhadap PDB.


“Sektor industri manufaktur konsisten memainkan peranan pentingnya sebagai penggerak dan penopang utama bagi perekonomian nasional. Bahkan, kami dapat menyatakan bahwa sektor industri manufaktur merupakan sektor pendorong utama bagi Indonesia untuk keluar dari resesi,” jelas Agus dilansir dari situs Kemenperin, Kamis (30/12/21).


Realisasi investasi di sektor manufaktur sepanjang Januari-September 2021 tercatat sebesar Rp 236,79 triliun. Angka ini naik 17,3 persen jika dibandingkan dengan realisasi investasi pada periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp 201,87 triliun.


Nilai ekspor industri manufaktur pada Januari-November 2021 juga berhasil mencapai USD 160 miliar atau berkontribusi sebesar 76,51 persen dari total ekspor nasional. Angka ini telah melampaui capaian ekspor manufaktur sepanjang tahun 2020 sebesar Rp131 miliar, dan bahkan lebih tinggi dari capaian ekspor tahun 2019.


“Kinerja ekspor sektor manufaktur ini sekaligus mempertahankan surplus neraca perdagangan yang dicetak sejak bulan Mei 2020,” imbuhnya.


Agus juga mengungkapkan capaian sektor industri manufaktur dari sisi investasi dan ekspor mengiringi kontribusinya pada penerimaan negara dan terhadap pembentukan PDB nasional yang terus meningkat.


“Untuk pajak sektor industri pengolahan sepanjang tahun secara rerata berkontribusi sebesar 29 persen, sementara penerimaan cukai sektor industri menyumbang 95 persen dari total penerimaan cukai nasional,” pungkasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : 9 sektor industri di indonesia, macam-macam sektor industri, contoh sektor industri, makalah sektor industri


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment