Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pemerintah Berencana Hapus Premium, Begini Tanggapan Anggota DPR

Pemerintah Berencana Hapus Premium, Begini Tanggapan Anggota DPR  Peluang.co.id -  Belum lama ini, terkuak rencana pemerintah yang akan men...

Pemerintah Berencana Hapus Premium, Begini Tanggapan Anggota DPR 


Peluang.co.idBelum lama ini, terkuak rencana pemerintah yang akan menghapus BBM jenis premium. Hal ini kemudian menjadi sororan publik. Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menilai rencana tersebut harus diikuti dengan menurunkan harga BBM jenis pertalite. 


Menurutnya, penurunan harga pertalite ini perlu dilakukan sebagai bukti alasan pemerintah menghapus premium benar-benar karena faktor lingkungan dan bukan karena faktor komersil.


"Kalau hanya menghapus premium sama saja melepas tanggung jawab pemerintah dalam menyediakan bahan bakar minyak yang terjangkau untuk rakyat dengan dalih lingkungan. Harusnya keinginan pemerintah memperbaiki lingkungan tidak serta merta menghapus kewajiban menyediakan BBM murah bagi rakyat," kata Mulyanto dilansir dari Parlementaria, Rabu (29/12/2021).


Mulyanto juga meminta pemerintah mengubah cara pandang penyediaan BBM bagi rakyat. BBM jangan sekedar dipandang sebagai komoditas komersil yang dijual dengan harga pasar. Ia menilai pemerintah punya tanggung jawab melayani rakyat untuk mendapatkan bahan bakar minyak yang terjangkau.


Untuk mengatasi masalah tersebut, ia meminta pemerintah fokus memperbaiki sektor hulu dan membangun kilang-kilang minyak. Sehingga impor BBM dapat dikurangi dan mampu menyediakan BBM terjangkau untuk kesejahteraan rakyat.


Lebih lanjut, Ia berharap pemerintah tidak hanya beralasan untuk memenuhi standar global mengurangi emisi karbon, tanpa memperhatikan kemampuan masyarakat. Pemerintah seharusnya dapat menyelaraskan antara kepentingan global dengan kepentingan masyarakat. 


"Saya miris melihat argumentasi yang dibangun pemerintah. Distribusi dan barang di lapangan dikurangi, sehingga langka, namun logika yang dibangun adalah penggunaan premium turun," tandasnya.



( Gambar : DPR RI / Penulis : Fitri )



Tags : premium dihapus 2021, alasan pertalite dihapus, kapan pertalite dihapus, harga pertalite


Reponsive Ads