Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Lewat Ekosistem Digital, Kemenperin Sinergikan IKM Alat Angkut dan Industri Besar Otomotif

Lewat Ekosistem Digital, Kemenperin Sinergikan IKM Alat Angkut dan Industri Besar Otomotif Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian ( Kem...

Lewat Ekosistem Digital, Kemenperin Sinergikan IKM Alat Angkut dan Industri Besar Otomotif


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendukung peningkatan produktivitas industri kecil dan menengah (IKM) alat angkut melalui penciptaan ekosistem industri dan implementasi teknologi 4.0 di sentra-sentra produksi. 


Selain guna meningkatkan produktivitas IKM alat angkut, tujuan program ini adalah untuk menjalin sinergi seluruh pemangku kepentingan dalam penerapan industri 4.0, terutama antara IKM alat angkut dengan industri otomotif besar.


“Seperti yang disampaikan Founder and Executive Chairman dari World Economic Forum, Klaus Schwab, ‘di dunia yang baru, bukan ikan besar memangsa yang kecil, tapi ikan gesit akan memangsa yang lamban’. Ini menggambarkan perkembangan teknologi di masa depan adalah suatu hal yang tidak dapat terelakkan," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari situs Kemenperin, Jumat (10/12/21).


Perkembangan penjualan ritel melalui platform digital yang melonjak hingga 65% saat pemberlakuan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19, membuktikan bahwa ekosistem digital yang diadaptasi suatu negara khususnya bidang industri, logistik dan ritel memegang peranan penting bagi kestabilan ekonomi.


Industri 4.0 adalah era yang menyertakan kemajuan teknologi dan juga konektivitas internet sehingga dapat dicapai peningkatan efisiensi waktu produksi dan penyajian data secara real time,” tuturnya. 


Beberapa tools yang dapat diimplementasikan pada teknologi industri 4.0, antara lain Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI). Selain itu, melalui Enterprise Resource Planning (ERP) yang telah diadaptasi oleh berbagai penyedia layanan untuk membantu industri dalam memenuhi kebutuhannya.


“Implementasi teknologi 4.0 ini diharapkan dapat menjadi investasi penting bagi industri, baik itu industri besar maupun IKM untuk dapat mendorong kemajuan usahanya,” pungkasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : pbkf kemenperin, industri kecil di indonesia, program dirjen ikma, direktorat kementerian perindustrian



Reponsive Ads