Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenperin: Produksi Mobil Lampaui Target, Penjualan Naik 71 Persen

5:58 PM

Kemenperin: Produksi Mobil Lampaui Target, Penjualan Naik 71 Persen


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan target produksi kendaraan bermotor roda empat atau lebih untuk tahun 2021 sebanyak 850 ribu telah terlampaui. Hingga Oktober 2021, produksinya mencapai 890 ribu unit atau meningkat 62,4% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.


Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan implementasi stimulus Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM  DTP) untuk sektor kendaraan bermotor terbukti mampu memberikan dampak signifian pada pemulihan sektor industri otomotif dan meningkatkan kepercayaan dari pelaku industri. 


”Saya memberikan penghargaan kepada pabrik otomotif dan para dealer yang turut membantu, mendorong, memfasilitasi para pembeli untuk mendapatkan dan memanfaatkan stimulus ini dengan tambahan promosi dan potongan harga lainnya,” ungkap Agus dilansir dari situs Kemenpperin, Jumat (10/12/21).


Melalui insentif tersebut, pada periode Maret-November 2021, penjualan mobil terdongkrak hingga sebanyak 487 ribu unit atau naik sebesar 71,02% (year-on-year). Pemerintah mengapresiasi peserta program PPnBM DTP yang telah memberdayakan sebanyak 319 perusahaan industri komponen tier 1.


Semua ini adalah bagian dari pemenuhan persyaratan penggunaan komponen lokal atau local purchase pada proses produksi dengan nilai minimal sebesar 60%. Hal ini tentunya berdampak positif bagi pemulihan sektor industri otomotif yang memiliki multiplier efek yang cukup luas bagi sektor industri lainnya sehingga pada akhir mampu men-jumpstart perekonomian nasional,” terangnya.


Disamping itu, saat ini terdapat 21 perusahaan industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dengan kapasitas produksi sebesar 2,35 juta unit per tahun, dengan menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang. Total investasi yang telah tertanam mencapai Rp140 triliun, dan memberikan penghidupan kepada 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai nilai industri tersebut.



( Gambar :Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : produksi mobil toyota, produksi otomotif adalah, pabrik mobil toyota di indonesia, pabrik mobil yang ada di indonesia


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment