Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Anggota DPR Minta Kemendag Intervensi Kenaikan Harga Minyak

Anggota DPR Minta Kemendag Intervensi Kenaikan Harga Minyak  Peluang.co.id -  Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung meminta Kemente...

Anggota DPR Minta Kemendag Intervensi Kenaikan Harga Minyak 


Peluang.co.idWakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung meminta Kementerian Perdagangan mengintervensi lonjakan harga minyak goreng yang terus terjadi saat ini. Menurutnya harga minyak akan semakin tinggi seiring kebutuhan masyarakat menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).


“Ini sudah terlalu lama dibiarkan. Akhir tahun seperti saat ini kebutuhan minyak goreng sudah pasti meningkat. Sementara, kita belum melihat solusi apa yang diberikan Kementerian Perdagangan,” kata Martin dalam keterangan tertulis dikutip dari situs DPR RI, Jumat (10/12/2021).


Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional per Selasa, 7 Desember 2021, harga minyak goreng Rp17.850 per kg atau naik 0,28 persen. Sedangkan kemasan bermerek Rp19.650 per kg atau naik 1,03 persen. 


Padahal dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) menyatakan bahwa minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp11.000 per liter/ 0,8 kg. Sedangkan di pasaran saat ini minyak goreng curah Rp17.800/kg dan yang bermerek mencapai Rp19.000 hingga Rp19.450/kg.


“Pemerintah telah menetapkan HET melalui peraturan menteri, tetapi pada prakteknya ketentuan itu diabaikan dan tidak ada sanksi bahkan bagi pelaku usaha,” tuturnya. 


Menurutnya, pemerintah punya kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) untuk stabilisasi harga minyak goreng. Sehingga, permasalahan harga minyak goreng saat ini seharusnya tidak terus berlanjut. 


“Berikan dulu solusi untuk harga pasar. Lakukan intervensi pasar dalam bentuk program apapun itu. Karena itu yang ditunggu masyarakat saat ini. Jangan ditunggu-tunggu lagi,” tandasnya.



( Gambar : Langgam.id / Penulis : Fitri )



Tags : harga minyak goreng 200 mlharga minyak goreng kemasan termurahharga minyak goreng 1 literharga minyak goreng curah


ADS