Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemenperin Luncurkan Platform Digital e-Kemasan IKM

Kemenperin-Luncurkan-Platform-Digital-e-Kemasan-IKM Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, ...

Kemenperin-Luncurkan-Platform-Digital-e-Kemasan-IKM


Peluang.co.idKementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) membangun platform digital e-Kemasan IKM (industri kecil dan menengah). Platform ini berfungsi sebagai hub antara IKM, rumah kemasan daerah, penyedia bahan dan penyedia teknologi kemasan, serta para pemangku kepentingan lainnya.


“Sesuai arahan Bapak Presiden, bahwa packaging itu penting dan harus selalu diperbaiki, baik dalam segi branding, warna,maupun kemasan, sehingga saat masuk ke pasar, barang menjadi enak dilihat serta meningkatkan minat konsumen untuk membelinya,” ujar Plt. Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Reni Yanita dilansir dari situs Kemenperin, Rabu (14/12/21).


Platform digital e-Kemasan IKM dapat diakses melalui laman e-klinikdesainmerekemas.kemenperin.go.id. Dalam platform ini, terdapat beragam fitur dan informasi terkait kemasan,meliputi data rumah kemasan, mitra kemasan, asosiasi/ komunitas, dan perguruan tinggi. 


Terdapat juga referensi KBLI untuk IKM, kalender kegiatan dan event mengenai kemasan, regulasi, artikel hingga e-learning terkait kemasan, dan forum diskusi antar sesama pengguna platform digital.


Selain itu, dalam platform digital e-Kemasan IKM ini terdapat menu dashboard yang tidak hanya bermanfaat bagi Klinik Desain Merek Kemas (KDMK), namun juga bagi rumah kemasan daerah yang bergabung. 


Di waktu yang akan datang, dashboard ini akan berisi data terkait kinerja jasa layanan KDMK ataupun rumah kemasan melalui traffic order desain. Selain itu, hasil analisa basis data yang diperoleh dari dashboard dapat digunakan sebagai referensi dalam penyusunan kebijakan.


“Sampai saat ini, antusiasme masyarakat, terutama IKM dan stakeholder, kemasan terhadap platform digital e-Kemasan IKM sangat tinggi. Terlihat dari banyaknya stakeholder yang sudah bergabung dalam platform digital e-Kemasan IKM seperti rumah kemasan­­­, supllier bahan kemasan, supplier teknologi pengemasan dan IKM,” pungkasnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : e- ikm, data ikm 2021, klinik desain merek kemasan, cara daftar e-smart ikm


Reponsive Ads