Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemendag Batalkan Aturan Wajib Minyak Goreng Kemasan

Kemendag Batalkan Aturan Wajib Minyak Goreng Kemasan Peluang.co.id  -  Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Ok...

Kemendag Batalkan Aturan Wajib Minyak Goreng Kemasan


Peluang.co.id - Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan bahwa pemerintah telah mencabut kebijakan minyak goreng dalam Kemasan yang akan mulai diberlakukan pada 1 Januari 2022. 


Pencabutan ini dilakukan karena tingginya harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan melihat kondisi Indonesia yang masih dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 


“Pemerintah sangat memahami kondisi yang terjadi saat ini, dimana di tengah upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, masyarakat dihadapkan pada tingginya harga minyak goreng yang terjadi beberapa waktu ini dan seiring dengan naiknya harga CPO internasional,” ujar Oke dikutip dari situs Kemendag, Senin (13/12/21).


Menurutnya, saat ini tengah terjadi kondisi supercycle yang memicu naiknya harga-harga komoditas barang kebutuhan pokok. Ini dikarenakan peningkatan permintaan yang tidak dibarengi dengan suplai yang mencukupi seperti minyak goreng.


“Saat ini harga CPO internasional berkisar USD 1.305/ton atau naik 27,17 persen dibandingkan harga pada awal 2021. Kenaikan harga ini memicu naiknya harga minyak goreng dalam negeri ke angka Rp19.500/liter untuk minyak goreng kemasan dan Rp17.600/liter untuk minyak goreng curah,” jelas Oke.


Dalam menjaga keseimbangan pasokan dan kebutuhan minyak goreng sekaligus menjaga daya beli masyarakat yang terdampak pandemi, pemerintah mengambil langkah dengan memberikan ruang penjualan minyak goreng tidak hanya dalam bentuk kemasan. 


“Kami akan mengambil langkah lain untuk mengedukasi masyarakat agar perlahan mulai beralih ke penggunaan minyak goreng dalam kemasan. Hal ini tidak lain dalam rangka penyediaan pangan yang berkualitas,” pungkasnya.



( Gambar : Twitter Kementerian Perdagangan / Penulis : Fitri )



Tags : harga minyak goreng 200 mlharga minyak goreng kemasan termurahharga minyak goreng 1 literharga minyak goreng curah


Reponsive Ads