Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Pandemi Melanda, BPUM Bantu Pelaku Usaha Mikro di Bandung

Pandemi Melanda, BPUM Bantu Pelaku Usaha Mikro di Bandung Peluang.co.id -  Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dunia sejak sejak awal 2020...

Pandemi Melanda, BPUM Bantu Pelaku Usaha Mikro di Bandung


Peluang.co.idPandemi Covid-19 yang sudah melanda dunia sejak sejak awal 2020 lalu, sengat berdampak besar bagi seluruh lini kehidupan, termasuk usaha mikro dan kecil.


Seperti Rendiansyah Suhanda yang merupakan seorang pedagang makanan minuman di Bandung dengan brand Kabita. Sebelum pandemi, Rendi yang mulai membuka usaha Thai Tea, es krim, dan dimsum mampu memiliki lima cabang. Namun karena pandemi, Rendi hanya fokus pada dua cabang. Semula ia juga memiliki 10 orang karyawan, kini hanya tinggal empat orang.


"Tapi sekarang, saya hanya fokus di dua cabang saja untuk dikembangkan. Dampak pandemi memang sangat terasa. Tapi, mau bagaimana lagi, kita harus tetap bertahan dan terus berinovasi," ucap Rendi dikutip dari situs Kemenkop UKM, Senin (13/12/21).


Namun, Rendi mulai bisa bernafas lega ketika mendengar ada program pemerintah khususnya bagi perkuatan usaha mikro bertajuk Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang sebesar Rp 1,2 juta. "Saya tahu adanya bantuan Presiden ini dari pendataan RT. Itu sekitar April," ungkapnya.


Dana BPUM tersebut langsung digunakan untuk belanja bahan baku. "BPUM sangat membantu usaha saya dan saya terima dana itu tanpa potongan apapun," imbuh Rendi.


Senada dengan Rendi, Lucky yang merupakan pedagang burung juga mengatakan bahwa BPUM merupakan tambahan nafas bagi kelangsungan usahanya.


"Uangnya saya pakai untuk membeli burung lagi. Harganya macam-macam, ada yang Rp50 ribuan sampai Rp200 ribu lebih," tukasnya.



( Gambar : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )



Tags : daftar bpum, bpum bni, banpres bpum, banpres bpum id bni


ADS