Mobile Menu

navigasi

More News

Jokowi Minta Kadin Detailkan Implementasi Transformasi Ekonomi di Lapangan

6:30 PM

Jokowi Minta Kadin Detailkan Implementasi Transformasi Ekonomi di Lapangan


Peluang.co.idPresiden Joko Widodo meminta dukungan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk mendetailkan kebijakan-kebijakan pemerintah, utamanya yang akan menjadi fokus Indonesia pada presidensi G20 yang telah dimulai sejak 1 Desember 2021.


“Nanti kita akan fokuskan di G20 ini adalah satu, urusan arsitektur kesehatan global, yang kedua mengenai transisi energi menuju energi yang hijau dan berkelanjutan, kemudian yang ketiga mengenai digitalisasi,” kata Jokowi dikutip dari situs resmi Presiden, Sabtu (4/12/21).


Jokowi mengatakan saat ini bandul ekonomi dunia mulai bergerak ke arah ekonomi hijau. Sehingga Indonesia harus segera menyesuaikan agar ketika dunia hanya menerima produk-produk yang dihasilkan energi terbarukan, Indonesia sudah siap.


“Kalau misalnya nanti suatu titik entah dua tahun lagi, entah tiga tahun lagi, atau lima tahun lagi, Eropa misalnya hanya menerima produk-produk hijau yang dihasilkan dari renewable energy dan kita belum siap, bagaimana kita mau mengekspor barang-barang kita? Begitu mereka mulai, negara lain pasti juga akan memulai. Oleh sebab itu, secepatnya kita harus mulai menggeser arah ekonomi kita,” paparnya.


Disamping itu, dalam transisi energi Indonesia juga memiliki kekuatan berupa sumber daya alam yang melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi hijau. Misalnya potensi hidro dari 4.400 sungai yang dimiliki negara Indonesia. 


Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, mengapresiasi kehadiran kerja keras pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 dan menyatakan siap mendukung langkah pemerintah dalam memajukan ekonomi nasional.


“Investasi dan ekspor kita mencatatkan angka yang luar biasa dan juga penguatan ekonomi domestik. Kami siap mendukung langkah pemerintah memajukan ekonomi daerah dan nasional,” katanya.



( Gambar : presidenri.go.id / Penulis : Fitri )



Tags : materi transformasi ekonomi, transformasi ekonomi jasa, kebijakan transformasi ekonomi, transformasi ekonomi digital


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment