Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Indonesia Punya 2.319 Startup, Jokowi: Potensi Pasarnya Besar

Indonesia Punya 2.319 Startup, Jokowi: Potensi Pasarnya Besar Peluang.co.id -  Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini...

Indonesia Punya 2.319 Startup, Jokowi: Potensi Pasarnya Besar


Peluang.co.idPresiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini memiliki 2.319 startup. Dengan banyak startup tersebut harus dioptimalkan seiring memasuki era digital seperti saat ini karena potensi pasarnya yang besar.


“Potensi pasarnya ini besar, jangan yang mengambil nanti orang lain. Kita sekarang ini memiliki 2.319 startup, makin hari makin tambah, tambah, tambah terus kita memiliki 1 decacorn, kita memiliki 7 unicorn, dan banyak sekali soonicorn yang nanti akan terus didorong agar naik menjadi unicorn dan decacorn,” ujar Jokowi dilansir dari situs resmi Presiden RI, Rabu (15/12/21).


Jokowi mengatakan bahwa seluruh masyarakat harus siap dalam menghadapi kemajuan digital dunia. Presiden menyebut bahwa aktivitas masyarakat berubah menjadi serba digital karena adanya pandemi.


“Kita lihat logistik, logistik naik 60 persen akibat penggunaan delivery, e-groceries sehingga naik 60 persen, konsumen digital juga naik 10,2 persen, ini yang konsumen barunya, tambahan konsumen barunya 10,2 persen, transaksi e-money naik 55 persen per Oktober 2021. Semuanya naik," paparnya.


Dengan demikian, pemerintah perlu mempersiapkan strategi untuk dapat mengejar negara-negara lainnya, salah satunya dengan menciptakan talenta digital. Jokowi pun meminta seluruh perusahaan besar mendukung generasi muda untuk mengembangkan kompetensinya dalam dunia digital.


“Saya meminta semua perusahaan teknologi, semua perusahaan besar agar mau ditempati untuk magang mahasiswa-mahasiswa kita, anak-anak kita agar secepatnya semuanya berubah, mindset digital ada, skill digital ada, sehingga terbentuk sebuah kultur digital di negara kita,” lanjutnya.


Jokowi menambahkan ekonomi digital akan tumbuh apabila ekosistem masyarakat digital sudah terbentuk. Menurutnya, ekosistem digital harus didukung dengan kesiapan infrastruktur, talenta digital, pemerintahan digital, dan regulasi digital.



( Gambar : presiden.go.id / Penulis : Fitri )



Tags : daftar startup indonesia 2020, kategori startup di indonesia, pengusaha startup indonesia, startup adalah



ADS