Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Wujudkan Perdagangan Efisien, Kemendag Dorong Penerapan Smart Logistic

Wujudkan Perdagangan Efisien, Kemendag Dorong Penerapan Smart Logistic  Peluang.co.id -  Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan  Perdagan...

Wujudkan Perdagangan Efisien, Kemendag Dorong Penerapan Smart Logistic 


Peluang.co.idKepala Badan Pengkajian dan Pengembangan  Perdagangan (BPPP) Kementerian Perdagangan  Kasan menyampaikan pihaknya mendukung  penerapan  Logistic 4.0 (smart logistic) guna mewujudkan perdagangan dalam negeri yang efisien.


Penerapan Logistic 4.0 perlu diupayakan untuk memperbaiki sistem distribusi domestik. Sebab, sebagai negara kepulauan, Indonesia memerlukan  peran logistik untuk mewujudkan perdagangan dalam negeri yang efisien,” jelas Kasan dilansir dari situs Kemendag, Jumat (26/11/21).


Logistic 4.0 merupakan pengembangan sistem logistik nasional yang mengacu pada visi logistik Indonesia 2025 yaitu locally integrated, globally connected.


Penerapan ini bertujuan memperbaiki sistem distribusi domestik setiap simpul ekonomi di seluruh daerah agar dapat terhubung dan terintegrasi.


Terdapat dua isu penting terkait isu logistik yang perlu  diperhatikan. Pertama, isu logistik konvensional, seperti kelangkaan tenaga kerja, tren high-mix dan low-volume production pada sektor manufaktur, dan pemenuhan kebutuhan konsumen yang semakin spesifik. 


Selanjut yang kedua yaitu pandemi Covid-19 yang berdampak pada tatanan penawaran dan permintaan perdagangan global


“Disrupsi pada aktivitas ekonomi tersebut semakin  memunculkan smart konsep Logistic 4.0 untuk memodernisasi cara kerja logistik yang berbasis  teknologi. Logistik akan memainkan peran penting dalam merampingkan proses perdagangan antara penjual, perusahaan logistik, dan konsumen akhir,” imbuhnya.



( Gambar : Reuters / Penulis : Fitri )



Tags : print eir depo smart, smart logistic indonesia, eir depo smart, smart depot jakarta


Reponsive Ads