Mobile Menu

navigasi

More News

Dukung UKM Go Global, KemenKopUKM Luncurkan SMEsta.id

7:48 PM

Dukung UKM Go Global, KemenKopUKM Luncurkan SMEsta.id 


Peluang.co.idKementerian Koperasi dan UKM resmi meluncurkan portal UKM Nasional Small and Medium Enterprises Station (SMEsta.id). Adanya portal ini diharapkan dapat mendongkrak target UKM ekspor hingga 17 persen secara nasional pada 2024. 


SMEsta.id adalah portal UKM Nasional berbasis website/katalog digital yang menyediakan informasi lengkap mengenai program pelatihan UKM, pembiayaan, perluasan pasar, perizinan dan standardisasi, hingga peluang usaha di beberapa negara yang terintegrasi secara regional dengan portal ASEAN Access. 


“SMEsta hadir sebagai dukungan kepada UKM Indonesia, terutama dalam hal promosi dan perluasan pasar. Launching SMEsta ini diharapkan membuka pangsa pasar baru bagi UKM ekspor. Sehingga ini menjadi bagian dari kenaikan target ekspor hingga 17 persen di 2024 bisa tercapai,” ucap Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dilansir Jumat (26/11/2021). 


Transaksi e-commerce di Indonesia sendiri naik 54 persen atau lebih dari 3 juta transaksi per hari. Sehingga pendapatan e-commerce mencapai 44 miliar dolar AS atau setara Rp 640 triliun selama pandemi dan diproyeksi mencapai 124 miliar dolar AS atau setara Rp 1.700 triliun pada 2025.


Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Hanung Harimba Rachman mengatakan jumlah UKM yang telah bergabung pada Portal UKM Nasional SMEsta hingga kini mencapai 1.521 UKM ekspor dan 9 Mitra Pendukung UKM. 


Nantinya diharapkan portal UKM Nasional ini akan diperluas melalui integrasi ke dalam laman pengadaan barang dan jasa pemerintah (e-katalog dan bela pengadaan). 


“Serta menjadi katalog promosi produk UMK di dalam dan luar negeri, dengan dampak yang lebih luas khususnya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.



( Gambar : Kemenkop UKM / Penulis : Fitri )



Tags : e-form kemenkop ukm, data umkm bps 2020, umkm adalah, depkop.go.id umkm


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment