Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenperin Targetkan Kontribusi Industri 18% Tahun 2021

6:02 PM

Kemenperin Targetkan Kontribusi Industri 18% Tahun 2021


Peluang.co.idMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan pihaknya optimis bahwa pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas akan mendekati atau mencapai target sebesar 4% pada akhir 2021. 


“Sepanjang tahun 2021, kami menargetkan kontribusi industri pengolahan nonmigas sebesar 18% dan kontribusi ekspor dari produk industri sebesar 75%,” kata Agus dalam acara Economic Outlook 2022 dilansir dari situs Kemenperin, Rabu (24/11/21).


Agus menambahkan seiring pulihnya perekonomian nasional, kinerja sektor industri manufaktur juga diproyeksi meningkat pada tahun 2022. Hal ini dapat dilihat pada beberapa indikator kunci sektor industri di triwulan III tahun 2021 yang memperlihatkan kemajuan cukup signifikan. 


Seperti pertumbuhan sektor industri yang tercatat sebesar 4,12% atau lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 3,51%. Kemudian kontribusi sektor industri pengolahan non migas terhadap PDB nasional mencapai 17,33% atau lebih tinggi dibandingkan dengan sektor ekonomi lainnya.


“Selain itu, nilai investasi sektor industri pada Januari-September 2021 tercatat sebesar Rp 236,79 triliun. Indikator lainnya adalah PMI Manufaktur Indonesia yang mencapai 57,2 pada bulan Oktober 2021. Nilai ini adalah tertinggi dalam sejarah bagi Indonesia,” papar Agus.


Kontribusi ekspor dari sektor industri manufaktur pada tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar USD 131,1 miliar, meskipun di tengah himpitan pandemi Covid-19. 


“Di dunia ekonomi, industri orientasi ekspor dan substitusi impor sesungguhnya merupakan dua konsep yang berbeda, tetapi saya melihat keduanya memiliki korelasi positif yang kuat. Untuk bisa berorientasi pada ekspor, industri harus tumbuh dengan baik dan berkembang dalam lingkungan ekonomi yang sehat,” terangnya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : apa saja sektor industri di indonesia, contoh sektor industri, kontribusi industri manufaktur terhadap pdb 2020, perkembangan sektor industri


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment