Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

FINTECH

latest

ADS

Kemenperin Ciptakan Inovasi Teknologi Pengolahan Polutan Industri

Kemenperin Ciptakan Inovasi Teknologi Pengolahan Polutan Industri Peluang.co.id -  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendukung i...

Kemenperin Ciptakan Inovasi Teknologi Pengolahan Polutan Industri


Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendukung inovasi produk industri dalam negeri untuk dapat dioptimalkan, baik dari sisi produktivitas maupun komersialisasi. Hal ini sejalan dengan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dan substitusi impor.


“Inovasi merupakan sebuah kunci untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa, serta menyiapkan kebangkitan industri nasional menuju pemulihan ekonomi nasional di era pandemi saat ini,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwan Kartasasmita dikutip dari Kemenperin, Senin (29/11/21). 


Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) melalui satuan unit kerjanya, Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, telah bekerjasama dengan industri dalam menciptakan inovasi teknologi pengolahan polutan yang diberikan nama Reaktor Elektrokatalitik Portabel. 


Kepala BSKJI Kemenperin Doddy Rahadi menjelaskan teknologi elektrokatalitik ini merupakan suatu metode pengolahan polutan berupa zat warna dengan prinsip advance oxidation process yang dibangkitkan dengan tenaga listrik.


“Alat reaktor elektrokatalitik portabel sudah dimanfaatkan oleh industri karena memiliki banyak keunggulan, dengan dilengkapi konfigurasi teknologi yang compact, waktu proses yang cepat, mudah pengoperasian, sangat efektif mendegradasi zat warna, serta memiliki desain mobile,” terangnya.


Sementara itu, Kepala BBTPPI Semarang Emmy Suryandari berharap alat ini dapat menjadi alternatif bagi industri dalam pengolahan polutan.


“Harapannya melalui alat ini mampu memberikan alternatif solusi bagi industri dalam pengolahan polutan sekaligus mendukung program P3DN dan substitusi impor,” katanya.



( Gambar : Kemenperin / Penulis : Fitri )



Tags : teknologi ipal adalah, teknologi pengolahan limbah terbaru, teknologi pengolahan limbah pdf, teknologi pengolahan limbah cair domestik

ADS