Mobile Menu

navigasi

More News

Kemendag Dorong Pemda Tingkatkan Mutu Komoditas Ekspor

11:53 PM

Kemendag Dorong Pemda Tingkatkan Mutu Komoditas Ekspor


Peluang.co.idDirektur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono mengajak Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan mutu komoditas ekspor di daerah masing-masing. Salah satunya dengan meningkatkan kinerja Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (UPTD BPSMB). 


“Diperlukan sinergi Ditjen PKTN Kemendag dan Pemerintah Daerah dalam pengembangan infrastruktur mutu di daerah guna mewujudkan jaminan kesesuaian mutu komoditas potensial daerah terutama, dalam ketentuan yang berlaku, baik di pasar domestik maupun negara tujuan ekspor,” jelas Veri dilansir dari situs Kemendag, Jumat (12/11/21).


Pada 2021 beberapa komoditas ekspor mengalami hambatan dari negara tujuan ekspor. Salah satunya, komoditas biji pala yang mengalami hambatan teknis di Uni Eropa. 


Komoditas ini mendapat sembilan notifikasi dari Uni Eropa yang terdiri atas lima notifikasi terkait kandungan aflatoksin, satu notifikasi terkait tidak adanya sertifikat kesehatan, dan tiga notifikasi terkait kandungan ochratoxin A. 


Komoditas lain yang mendapatkan notifikasi dari Uni Eropa antara lain lada hitam (kandungan aflatoksin), bungkil inti sawit (kandungan salmonella ruiru), produk perikanan (kandungan merkuri dan cadmium). 


Veri berharap Pemerintah Daerah dapat mengidentifikasi komoditas potensial daerah dan meningkatkan kemampuan uji melalui akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk lingkup komoditas serta melakukan pemantauan mutu komoditas tersebut. 


“UPTD BPSMB di daerah harus memberikan layanan pengujian yang berkualitas untuk mewujudkan jaminan kesesuaian mutu produk potensial daerah terhadap ketentuan berlaku,” pungkasnya.



( Gambar : Daihatsu / Penulis : Fitri )



Tags : komoditas ekspor jawa barat, komoditas ekspor bogor, jawa barat, komoditas ekspor eropa, komoditas ekspor singapura


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment