Mobile Menu

navigasi

More News

Harga Minyak Goreng Naik, Konsumen Rumah Tangga Menjerit

1:34 AM


Harga Minyak Goreng Naik, Konsumen Rumah Tangga Menjerit



Peluang.co.id Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina menyoroti kenaikan harga minyak goreng yang terjadi belakangan ini. Seperti yang diketahui, minyak goreng menjadi salah satu bahan yang dibutuhkan masyarakat setiap hari menyiapkan makanan di dapur.


“Kenaikan harga minyak goreng ini sudah mulai sangat meresahkan. Meski Kementerian Perdagangan mengatakan harga komoditas minyak goreng stabil untuk memenuhi bahan kebutuhan pokok, tapi kenyataannya, ibu-ibu rumah tangga ini sangat menjerit," kata Nevi dalam keterangan resminya dilansir dari situs resmi DPR RI, Senin (8/11/2021).


Nevi menyebut bahwa harga minyak goreng naik sebanyak 6-11 persen sepanjang bulan Oktober 2021 lalu. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga CPO sebesar 44,03 persen (Harga Oktober 2021 dibanding Oktober 2020). Menurutnya, harus ada gerakan cepat untuk menghentikan semakin lajunya kenaikan CPO ini.


“Saya minta, Kemendag segera merealisasikan rencananya untuk mengeluarkan surat yang meminta seluruh produsen minyak goreng tetap menjaga pasokan dalam rangka stabilisasi harga dan ketersediaan minyak goreng melalui penyediaan minyak goreng kemasan sederhana di pasar ritel dan pasar tradisional yang dijual sesuai HET," katanya.


Lebih lanjut, Nevi meminta kepada pemerintah agar melakukan tindakan cepat untuk segera menghentikan ekspor CPO atau ekspor minyak sawit mentah. Pemerintah juga harus segera berkoordinasi dengan pengusaha minyak goreng  agar ada dorongan untuk produsen supaya menyediakan CPO dengan harga khusus. 


“Untuk itu, agar harga minyak goreng ini segera stabil, pemerintah secara cepat agar menghentikan ekspor CPO untuk memenuhi permintaan dalam negeri, sekaligus menahan kenaikan harga minyak goreng. Di sisi lain, penghentian sementara ekspor CPO harus dioptimalkan untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri," tutupnya.



( Gambar : Nusabali / Penulis : Fitri )



Tags : harga minyak goreng 200 ml, harga minyak goreng kemasan termurah, harga minyak goreng 1 liter, harga minyak goreng curah









Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment