Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Anggota DPR: Kemendag Perlu Ambil Langkah Stabilkan Harga Minyak Goreng

Anggota DPR: Kemendag Perlu Ambil Langkah Stabilkan Harga Minyak Goreng Peluang.co.id -  Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina meminta Ke...

Anggota DPR: Kemendag Perlu Ambil Langkah Stabilkan Harga Minyak Goreng


Peluang.co.idAnggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina meminta Kementerian Perdagangan mengambil langkah dalam mengendalikan harga minyak goreng. Harga minyak goreng terus naik belakangan ini hingga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). 


Dalam mengatasi hal tersebut, Nevi menilai harus ada upaya untuk menjaga stok minyak goreng di tengah kenaikan harga tersebut.


“Saya minta Kemendag segera merealisasikan rencananya untuk mengeluarkan surat yang meminta seluruh produsen minyak goreng tetap menjaga pasokan dalam rangka stabilisasi harga dan ketersediaan minyak goreng melalui penyediaan minyak goreng kemasan sederhana di pasar ritel dan pasar tradisional yang dijual sesuai HET," jelas Nevi dilansir dari situs DPR RI, Rabu (10/11/2021).


Sepanjang Oktober 2021, harga minyak goreng naik sebanyak 6-11 persen. Hal itu dampak dari kenaikan harga minyak sawit mentah atau CPO sebesar 44,03 persen. Pemerintah perlu mengambil langkah cepat untuk menghentikan ekspor CPO.


Nevi juga mendesak pemerintah untuk segera melakukan koordinasi dengan pengusaha minyak goreng. Dan mendorong industri kelapa sawit guna menciptakan industri terintegrasi dari hulu ke hilir. Sehingga pemerintah dapat menyediakan CPO dengan harga khusus untuk diproduksi.


"Agar harga minyak goreng ini segera stabil, pemerintah secara cepat agar menghentikan ekspor CPO untuk memenuhi permintaan dalam negeri, sekaligus menahan kenaikan harga minyak goreng. Di sisi lain, penghentian sementara ekspor CPO harus dioptimalkan untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri," ungkapnya.


Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga minyak goreng curah telah mencapai Rp 17.300 per kilogram (kg). Sementara untuk minyak goreng kemasan bermerk 1 sebesar Rp 18.350 per kg dan minyak goreng kemasan bermerk 2 sebesar Rp 17.900 per kg.



( Gambar : ET Retail / Penulis : Fitri )



Tags : harga minyak goreng 200 mlharga minyak goreng kemasan termurahharga minyak goreng 1 literharga minyak goreng curah



Reponsive Ads