Mobile Menu

navigasi

More News

Sri Mulyani Ungkap Tiga Tantangan Pemulihan Ekonomi Global

7:48 PM



Peluang.co.idMenteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan tiga tantangan yang perlu dihadapi dunia dalam melakukan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19. Pertama, akses vaksin yang tidak merata di seluruh dunia.


Hal ini ia sampaikan dalam keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, setelah mendampingi Presiden Joko Widodo yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.


“Ada negara-negara yang sampai hari ini bahkan jumlah vaksinasinya dari penduduknya kurang dari 3 persen, di negara-negara Afrika. Rata-rata yang di negara-negara miskin baru 6 persen dari penduduknya, sementara negara-negara maju sudah melakukan vaksinasi di atas 70 persen,” jelas Sri Mulyani dalam keterangannya dikutip Senin (1/11/21).


Tantangan selanjutnya adalah terjadinya inflasi kenaikan energi dan disrupsi dari suplai. Menurutnya hal tersebut terjadi di seluruh negara yang pemulihan ekonominya sangat cepat namun mengalami komplikasi dalam bentuk kenaikan harga energi dan disrupsi suplai.


Sri Mulyani menjelaskan kenaikan energi yang terjadi sangat cepat karena investasi di bidang energi terutama yang non-renewable itu sudah merosot tajam dihadapkan pada permintaan energi yang melonjak akibat pemulihan ekonomi. Hal tersebut yang kemudian mendorong inflasi yang tinggi di berbagai negara.


“Ini menjadi ancaman pemulihan ekonomi global. Indonesia perlu juga tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya rembesan hal tersebut,” katanya.



( Sumber & Gambar : presiden.go.id / Penulis : Fitri )



Tags : perkembangan ekonomi global adalah, ekonomi global pdf, perekonomian global adalah, perkembangan ekonomi global saat ini


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment