Mobile Menu

navigasi

More News

Melalui KTT G20, Jokowi Dorong Penguatan Peran UMKM

7:49 PM



Peluang.co.idMelalui Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Joko Widodo membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan. Jokowi menyebut bahwa G20 harus terus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata.


“Pertama, meningkatkan inklusi keuangan UMKM dan perempuan. Inklusi keuangan adalah prioritas Indonesia. Indeks keuangan inklusif kami telah mencapai 81 persen dan kami targetkan mencapai 90 persen di tahun 2024,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya dilansir Senin (1/11/21).


Kedua yakni mendukung transformasi ekonomi UMKM. Jokowi mengatakan digitalisasi merupakan key enabler. E-commerce menjadi salah satu penggerak ekonomi Indonesia di masa pandemi dengan nilai yang akan mencapai USD24,8 miliar tahun ini.


Jokowi menuturkan bahwa keberpihakan G-20 harus nyata bagi digitalisasi UMKM dan perempuan. Dukungan tersebut berupa pembangunan infrastruktur digital dan kerja sama teknologi, perluasan konektivitas digital secara inklusif, serta peningkatkan literasi digital pelaku UMKM.


“Transformasi UMKM akan semakin kuat apabila didukung berbagai kebijakan strategis tersebut. Kami di Indonesia terus lakukan berbagai upaya mendukung UMKM seperti kemitraan BUMN dengan UMKM, kemudahan izin usaha, dukungan inkubasi bisnis, penguatan koperasi dan lainnya,” tuturnya.


Dengan demikian, ekonomi Indonesia pun berhasil tumbuh 7,07 persen pada triwulan II tahun ini. Selain itu, angka kemiskinan dan pengangguran mulai menurun dan nilai ekspor tumbuh 37,7 persen.


"Dengan terus membaiknya situasi pandemi di Indonesia, positivity rate di bawah 1 persen, vaksinasi dosis pertama capai 53,62 persen, dan vaksinasi dosis lengkap capai 31,50 persen, insyaallah pemulihan ekonomi Indonesia akan berjalan," pungkasnya.



( Sumber : presiden.go.id / Gambar : Sekretariat Kabinet / Penulis : Fitri )



Tags : daftar ukm di indonesiaumkm adalahe-form kemenkop ukmdaftar online umkm


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment