Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Komisi VIII DPR Minta Kemensos Percepat Penyerapan Anggaran

Peluang.co.id -  Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan pihaknya meminta unit kerja Eselon I Kementerian Sosial untuk mem...



Peluang.co.idWakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka mengatakan pihaknya meminta unit kerja Eselon I Kementerian Sosial untuk mempercepat penyerapan anggaran pada triwulan ke IV tahun anggaran 2021. Pasalnya, penyerapan anggaran di tujuh satuan kerja (satker) di Kemensos masih tergolong rendah.


"Memang yang agak mengkhawatirkan ini penyerapan untuk beberapa tentunya dirjen atau satker yg masih dibawah 50 persen. Karena ini kan sudah masuk 2/3 atau 3/4 tahun ya tinggal 3 bulan sampai akhir tahun dan harus tutup buku," jelas Diah  dilansir dari situs DPR, Selasa (5/10/21).


Ia menambahkan meski efisiensi anggaran merupakan hal yang bagus namun anggaran untuk bantuan-bantuan kepada masyarakat diharapkan dapat terserap dengan baik di tengah kondisi pandemi seperti ini.


Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat menjelaskan rendahnya penyerapan anggaran sangat dipengaruhi oleh pandemi Covid-19 yang membatasi berbagai program di Kementerian Sosial.


"PPKM menjadi salah satu faktor, membuat program-program dari Kementerian Sosial tidak selancar tahun-tahun sebelumnya," tuturnya.


Diketahui, penyerapan anggaran hingga triwulan ke-3 tahun 2021 di Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial sebesar 17,5 persen, Inspektorat Jenderal 71,19 persen, Ditjen Dayasos 46,61 persen, Ditjen Rehsos 42,51 persen, Ditjen Linjamsos 72,69 persen.


Kemudian untuk Ditjen PFM 62,61 persen, dan Badiklitpensos 63,09 persen. Dengan total penyerapan anggaran Rp 69 triliun dari total anggaran Rp 106 triliun, atau secara keseluruhan terealisasi sebesar 64,76 persen.



( Gambar : / Penulis : Fitri )



Tags : anggaran kemensos 2022, anggaran bansos 2021, anggaran kementerian 2021, anggaran kemenkes 2021



Reponsive Ads