Mobile Menu

navigasi

More News

Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Halal di Indonesia

12:45 AM



Peluang.co.idKementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong optimalisasi potensi dan peluang pengembangan industri halal. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia dengan 272,2 juta jiwa.


“Dalam mewujudkan ekosistem halal, Kemenperin telah mengeluarkan dua Peraturan Menteri Perindustrian yang terkait. Pertama, mengenai Kawasan Industri Halal, kemudian mengenai pembentukan Pusat Pemberdayaan Industri Halal,” jelas Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo di Jakarta, dilansir Selasa (12/10/21).


Dody mengatakan untuk menghasilkan produk halal, banyak aspek yang menjadi perhatian, misalnya bahan baku, teknologi penunjang, fasilitas pendukung, dan sumber daya manusia (SDM) industri yang terlibat. 


“Kedua peraturan menteri tersebut dijalankan bersama untuk mengembangkan industri halal yang mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia,” ujarnya.


Belum lama ini, Dody juga menjelaskan bahwa dengan potensi ekonomi syariah global yang mencapai USD2,02 triliun, Indonesia sangat berpeluang untuk mengembangkan industri halal, terutama pada sektor makanan dan minuman, fesyen, farmasi, dan kosmetik.


“Ini dilihat dari peningkatan demand produk makanan halal maupun berkembangnya tren fesyen busana muslim (modest fashion) yang harus dapat dimanfaatkan oleh Industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) nasional melalui ragam inovasi produk dan optimalisasi tekstil fungsional,” terangnya.



( Gambar : IHATEC / Penulis : Fitri )



Tags : contoh industri halal, artikel industri halal, contoh industri halal di indonesia, prospek industri halal


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment