Mobile Menu

navigasi

More News

Ini Kata KKP Soal Aturan yang Buat Harga Ikan Naik 200%

1:53 AM



Peluang.co.idBelum lama ini nelayan menolak kenaikan Harga Patokan Ikan (HPI) hingga pungutan hasil perikanan (PHP). Kenaikan biaya tersebut tertuang dalam dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 tahun 2021. Karena aturan itu, kenaikan sejumlah harga ikan mencapai 200-400%.


Plt Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Trian Yunanda menjelaskan untuk menentukan HPI dan produktivitas tersebut, menggunakan data dua tahun terakhir yang dikumpulkan dari 124 pelabuhan perikanan yang ada di Indonesia. 


“Nah jadi terkait HPI ini, terakhir ditetapkan tahun 2011 dengan basis data 2010. Jadi ini sudah 10 tahun tidak ada penyesuaian. Kita enggak bisa memanipulasi harga itu, tentunya 10 tahun harga-harga sudah naik, inflasi dan tentunya kita harus melakukan penyesuaian,” jelasnya dilansir dari situs KKP, Kamis (14/10/21).


Ketua II Asosiasi Tuna Longline Indonesia (ATLI) Dwi Agus Siswa Putra mengatakan hadirnya PP 85/2021 lebih bagus dari PP 75/2015 karena memberikan peluang besar terhadap keberpihakan perekonomian pelaku usaha. Meski begitu, perlu adanya pengkajian ulang pada Pasal 2 Ayat 6 terkait  produktivitas kapal penangkapan ikan dan Ayat 7 mengenai harga patokan ikan.


"Kami hanya meminta KKP, bagaimana kita berdiskusi untuk mendapatkan hal yang bisa sama-sama diterima. Apapun yang terjadi kami tetap ke laut, siapa tau dengan naiknya ini kami buang pancing hasilnya juga naik, jadi bisa menutup semuanya," ujarnya.


Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik, Doni Ismanto menyampaikan evaluasi harga patokan ikan dan produktivitas kapal penangkapan ikan merupakan wujud keterbukaan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono atas aspirasi yang disampaikan masyarakat perikanan selama ini. 


"Hadirnya aturan yang dibuat adalah untuk menjaga sumber daya alam perikanan kita berkelanjutan. Aturan ini juga wujud keadilan bagi semua pihak, antara negara dan masyarakat yang selama ini memanfaatkan sumber daya alam perikanan yang ada,” tegasnya.



( Gambar : KKP / Penulis : Fitri )



Tags : penyebab harga ikan naik, harga ikan laut per kilo 2021, harga ikan turun, harga ikan online


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment