Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Gandeng Swiss, Indonesia Tingkatkan Kompetensi Instruktur BLK

Peluang.co.id -  Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Pemerintah Swiss dalam meningkatkan kompetensi bagi instruktur b...



Peluang.co.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bekerja sama dengan Pemerintah Swiss dalam meningkatkan kompetensi bagi instruktur bidang energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) melalui proyek Renewable Energy Skills Development (RESD).


Proyek ini dilaksanakan mulai 25 Oktober hingga 5 November 2021 di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Banten. Peningkatan kompetensi instruktur bagi 5 BLK yakni BLK Banda Aceh, BLK Lombok Timur, BLK Ternate, BLK Ambon, dan BLK Sorong.


"Proyek RESD ini merupakan langkah nyata bagi Kemnaker dalam menyiapkan ketersediaan SDM yang kompeten dan produktif, guna mendukung target transisi energi Indonesia menuju pembangunan rendah karbon," jelas Menaker Ida Fauziyah dalam keterangannya, dilansir Selasa (26/10/2021).


Kerja sama program pengembangan kompetensi bagi para instruktur kejuruan listrik ini merupakan upaya mendukung pemerintah dalam pengembangan energi terbarukan. Sehingga diharapkan para master trainer, dapat melakukan cascading (menurunkan secara bertahap) kepada rekan-rekan instruktur di seluruh Indonesia. 


Sementara Martin Stottele, selaku pimpinan proyek RESD, mengatakan untuk meningkatkan kompetensi kepada instruktur BLK, pihaknya akan menghadirkan tenaga ahli industri secara langsung dari Swiss. 


"Diharapkan kedepannya para instruktur yang dilatih dapat mengembangkan kurikulum dan bahan ajar dengan kandungan yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan industri," kata Martin.


Tujuan proyek RESD ini yakni penyediaan SDM berkualitas yang relevan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dalam perencanaan, pemasangan, pengoperasian, dan pemeliharaan pembangkit listrik energi terbarukan (Solar PV, Solar Hybrid and Hydro Power) di Indonesia.



( Gambar : Kemnaker / Penulis : Fitri )



Tags : gaji instruktur blk komunitas, syarat menjadi instruktur blk, pengajar blk, pekerjaan ahli pertama instruktur



Reponsive Ads